Jumanji: The Next Level (2019)

[NO SPOILER]

Jumanji Next Level kembali menghadirkan 4 tokoh utama di film sebelumnya. Ada Dwayne “The Rock” Johnson, Jack Black, Kevin Hart, dan Karen Gillan. Suara genderang yang khas juga menemani suasana tegang dalam setiap sub-level. Jumanji menyajikan cerita yang lebih tertata dan mengunggulkan karakter-karakter yang dimainkan.

Jangan lupa kalau ini adalah film main game. Maka nggak salah kalau sub-judulnya adalah The Next Level. Namun, apakah memang memberikan level yang berbeda dibandingkan film sebelumnya? Iya, film ini membawa Jumanji ke konsep yang jauh berbeda dengan film Jumanji yang dulu. Kesulitan permainan juga lebih terasa dibandingkan dengan film Jumanji: Welcome to the Jungle.

Dr. Smolder Bravestone (Dwayne Johnson) mungkin berotot besar dan terlihat menyeramkan, tapi bukan Dwayne Johnson kalau nggak bisa memerankan karakter apapun. Yes, technically, even The Rock could become a gigantic tooth fairy in another movie. And yes, he could do something else in this movie. Berperan sebagai orang tua justru bikin The Rock jauh lebih lucu. Tentu saja masih dengan tatapan bodoh yang dibikin dengan suara elang. That’s the biggest reason why he became the highest paid actor in the world. But is it just him or there is more?

Franklin Finbar (Kevin Hart) dan Professor Shelly Oberon (Jack Black) kali ini dimainkan oleh orang yang berbeda. Seorang ahli hewan yang punya kemampuan unik dan seorang ahli peta yang mungkin masih ada gunanya dalam permainan. Impersonation dari dua orang ini juga naik level. Lebih kompleks dari film sebelumnya.

Karen Gilllan memang selalu juara. Memerankan karakter yang urakan dan kikuk? Nggak ada masalah. Siapa yang bakal memainkan karakter Ruby Roundhouse dalam film? Silakan temukan sendiri. Kalian akan menemukan banyak kejutan dalam film yang mampu memberikan humor segar dan berbeda dibandingkan film sebelumnya.

Bukan hanya 4 karakter utama saja yang keren, tapi ada Ming (Awkwafina) yang juga menambah meriah permainan. Seorang karakter baru yang punya kemampuan khusus dan penting untuk level kali ini. Bayangin aja kalau Awkwafina yang segila itu ketemu dengan Karen Gillan, Jack Black, dan Kevin Hart yang nggak kalah gila.

Konflik antara Eddie (Danny DeVito) dan Milo (Danny Glover) juga menambahkan drama yang membuat game menjadi lebih menarik. Jadi nggak hanya ada anak-anak kuliahan yang ikutan main, tapi juga orang sepuh yang nggak tau apa-apa soal dunia gim.

Apa yang kurang dari film ini adalah klimaks yang memuaskan. Penyusunan tiap fase dalam level permainan sebenarnya sudah cukup baik, tapi sayangnya nggak ditutup dengan maksimal. Harusnya bisa lebih greget lagi. Setidaknya seperti yang ada di film pertama. Di sisi lain, memang anti-klimaks yang disuguhkan cukup menarik dan nggak disangka.

Sebagai penutup, film Jumanji memang benar-benar naik level. Menciptakan berbagai karakter yang punya keunikan masing-masing dan saling melengkapi satu dengan yang lain. Menyajikan guyonan dengan tingkatan yang berbeda dari sebelumnya. Sangat cocok ditonton ketika weekend bersama teman-teman dekat.

Rating: 8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s