Tentang SIMAK (2/2)

Ini bagian kedua. Kalau belum baca yang pertama, mungkin perlu baca Tentang SIMAK dulu biar paham.

Berhubung pengumuman SIMAK UI Semester Genap dimajukan jadi tanggal 3 Desember 2019, maka rencana saya yang awalnya menuliskan dan mengunggah tulisan ini pada tanggal 10 Desember 2019, akan saya percepat juga.

Tes Potensi Akademik

Seperti yang sudah saya jelaskan di tulisan sebelumnya, TPA terdiri dari tes verbal, kuantitatif, dan penalaran. Saya jelasin satu per satu ya.

Tes verbal bicara seputar kemampuan logika pengolahan kata. Mulai dari sinonim, antonim, dan membaca teks untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan.

Tes kuantitatif berisi tes aljabar, aritmatika, dan deret bilangan. Menurut saya, aljabar dan aritmatika adalah yang paling sulit. Walaupun terkadang kalau sudah ketemu cara dan jawabannya ternyata tidak sesulit yang dipikiran. Bisa berlatih dulu biar nggak kaget sama soal yang dikasih.

Ketika mengerjakan tes penalaran, kalian akan ketemu soal-soal silogisme dan logika sederhana. Mungkin kamu bisa cari soal-soal logika dan pelajari rumus silogisme untuk bisa mengerjakan soal-soal yang dikasih saat SIMAK.

Khusus untuk tes psikologi yang satu ini memang bisa dibuat latihan dulu sebelum melakukan tes yang sebenarnya. Bukan untuk meningkatkan nilai karena ini bukan ujian sekolah, tapi untuk membiasakan mengerjakan TPA. Memahami apa saja yang dipertanyakan dalam soal dan bagaimana tips-tips untuk menjawabnya.

Sebagai catatan lain, saya tulis ini sebagai panduan kecil untuk orang-orang yang ingin ikut SIMAK juga.

Sistem CBT (Computer-based Test)

Oh iya, ada yang belum sempat saya ceritakan di tulisan yang pertama. Sistem ujian masuk yang saya ikuti menggunakan Computer-based Test atau CBT. Saya pilih CBT karena lebih terbiasa pegang komputer di kehidupan sehari-hari. Kadang malah tremor kalau menulis menggunakan tangan karena saking jarangnya menulis menggunakan tangan.

Akhir Cerita

Saya diterima/tidak diterima masuk UI.*

Terima kasih untuk yang sudah membantu dan sudah membaca selama perjalanan ini. Saatnya saya melanjutkan cerita dan skenario yang lain. Semoga orang-orang yang sedang mencoba sesuatu di perjalanan hidupnya bisa mendapatkan hasil terbaik. Sampai jumpa di cerita yang lain.

*coret yang tidak perlu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s