Dark Waters (2019)

[NO SPOILER]

Mark Ruffalo masuk dalam cerita Dark Waters sebagai seorang pengacara dari Taft Law yang ingin menguak rahasia besar sebuah korporasi yang mencatatkan banyak kematian. Sebuah film legal thriller yang membawa Mark Rufallo sebagai Robert Bilott yang membawa asa seorang peternak di daerah West Virginia untuk melawan perusahaan raksasa Amerika bernama DuPont.

Di studio yang sama pada tahun 2015, Mark Ruffalo sempat menjadi salah satu anggota surat kabar Baron Globe yang melacak dan memecahkan kasus tentang pastor-pastor yang melakukan penganiayaan dan pelecehan anak kecil di gereja-gereja lokal. Film ini dinobatkan sebagai film Academy Award for Best Picture kala itu.

Dikarenakan film ini akan lebih baik kalau minim referensi, maka saya tidak akan cerita banyak.

Tidak seperti film dokumenter Netflix yang berjudul The Devil We Know (2018), film ini membawa kita pada drama kehidupan Robert Bilott. Mulai dari awal kali ia membuka kasus peternak Wilbur Tennant (Bill Camp) dan menuntut DuPont di tahun 1998, hingga kehidupan Robert dengan Sarah Bilott (Anne Hathaway) juga diceritakan dengan baik.

Teflon yang jadi salah satu subplot

Tensi yang diciptakan tidak dibangun tanpa landasan yang lemah. Cerita diangkat sedikit demi sedikit. Tahun demi tahun. Membawa kita pada klimaks cerita. Mark Rufallo melaksanakan perannya dengan sangat baik.

Robert Bilott sendiri masih hidup hingga saat ini dan berjuang hingga tahun 2017, saat dimana Perusahaan DuPont gulung tikar. Sebuah film legal thriller dengan tensi yang naik perlahan. Penutup apik di bulan November 2019.

Rating: 9/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s