Peanut Butter Falcon (2019)

[NO SPOILER] Sebuah ulasan film.

Zak adalah seoarang anak down syndrome yang sangat mengidolakan aktor gulat bernama Salt Water Redneck. Ia selalu menonton video gulat di televisi kecil yang ada di ruangannya. Walaupun itu rekmanan yang sama, ia bisa menontonnya hingga 8 kali sehari. Rekaman-rekaman tersebut membawa Zak pada satu tujuan. Ia ingin berlatih gulat bersama idolanya di sekolah gulat yang didirikan Salt Water Redneck. Cerita petualangan Zak dimulai dari premis tersebut.

Oh iya, sebagai catatan, Zack Gottsagen ini punya down syndrome betulan. Karakter down syndrome yang dia perankan bukan hanya sebuah karakter film, tapi merupakan salah satu bagian dari dirinya sendiri.

Selain Zak yang bikin gemes, ada Tyler (Shia LaBeouf), seorang buronan yang ingin pergi ke Florida dan ada Eleanor (Dakota Johnson), wanita pengurus Panti Jompo yang cukup dekat dengan Zak (Zack Gottsagen). Tiap dialog, ekspresi, dan chemistry-nya sangat hangat. Khususnya antara dua buron Zak dan Tyler.

Komedinya santai dan sangat hangat. Bukan komedi yang menjatuhkan orang lain ya. Komedinya berasal dari tingkah Zak dan Tyler yang seperti kakak-beradik. Eleanor yang sangat perhatian sama Zak. Bukan hanya karakter-karakter ini saja yang tumbuh, tapi juga kita. Tumbuh dengan cara-cara yang sederhana, tapi kadang kita lupa.

Lagunya juga cocok dengan film. Musik khas country yang mengiringi beberapa momen penting. Termasuk ketika hubungan Zak dan Tyler tumbuh menjadi sepasang sahabat. “Have a good time,” kata Zak dengan polosnya.

Lantas? Apa yang dimaksud Peanut Butter Falcon? Kalian akan menemukannya selama perjalanan mereka.

Penonton bisa mengambil nilai moral dari film ini, bahwa setiap manusia punya kesempatan untuk hidup dan menghidupi hidupnya. Mensyukuri apa yang ada, tidak menganggap seseorang yang memiliki down syndrome sebagai anak yang ‘spesial’. Semua punya kesempatan yang sama.

“I will give all my birthday wishes to you”

Zak

Rating: 8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s