Melahirkan fauziea.com

Berbulan-bulan merencanakan untuk upgrade blog menjadi website seutuhnya, dengan domain .com yang sudah saya impikan sejak tahun lalu, akhirnya mimpi itu terjawab hari ini.

Mengumpulkan uang untuk biaya kuliah dan wisuda beberapa bulan lalu sudah menjadi pekerjaan rumah sendiri. Tidak banyak rupiah yang bisa dikumpulkan untuk membeli Top Domain Level. Masa studi memang cukup menguras tabungan pribadi. Apalagi untuk membuat kartu kredit. Itu adalah hil yang mustahal. Tapi untungnya sebuah kebetulan menjawab permasalahan di atas.

Patjar Merah yang sempat datang di Malang, menjadi titik awal saya membuat kartu Jenius. Ketika hendak membayar buku yang ingin saya beli, ada kakak perempuan berkerudung yang mengeluarkan kartu untuk membayar buku yang ia beli. Warnanya biru muda dan bertuliskan Jenius. Saya kira itu sebuah kartu kredit baru khusus untuk anak muda. Di samping itu, karena dipakai di mesin EDC BCA, saya pikir itu salah satu produk baru dari BCA. Berkat pengalaman itu, saya mulai kepo dan melakukan riset tentang kartu ini.

Kebetulan beberapa hari kemudian, akun shitpost film di Twitter yang saya ikuti, sempat memberikan thread tentang pembajakan Netflix. Salah satu alasan kenapa orang Indonesia kerap melakukan pembajakan dari serial yang disajikan Netflix adalah metode pembayaran. Tidak semua orang punya kartu kredit dan tidak semua mau membuat kartu kredit. Cara yang sedikit berbeda dengan kartu debit belum tentu bisa diterima oleh semua orang. Termasuk saya sendiri.

Riset kecil tersebut akhirnya berbuah hasil. Kartu Jenius yang ternyata berasal dari BTPN, bisa digunakan untuk transaksi daring asalkan terdapat metode pembayaran Visa.

Berbekal gawai, koneksi internet, dan aplikasi Jenius, saya mendaftar secara online dalam waktu kurang lebih satu jam. Konfirmasi akun juga dilakukan lewat telepon video. Sekarang semua memang serba daring.

Ada dua kartu yang langsung kita dapatkan ketika membuat akun, yaitu M-Card dan Virtual Card. M-Card berfungsi seperti kartu debit biasa. Sedangkan Virtual Card berfungsi layaknya e-wallet.

Setelah berhasil top up dan mendapatkan kode CVV, saya beranjak ke keranjang belanja WordPress. Memilih plan yang paling murah, yaitu $5/bulan karena saya tidak berniat menambahkan iklan dalam website dan menguangkannya. Tak sampai 10 menit, akhirnya fauziea.com lahir ke dunia.

Sekarang, produktif menulis, meningkatkan kemampuan menulis, dan menambah jumlah pembaca menjadi pekerjaan rumah teratas yang harus didisiplinkan. Sebab biaya mahal blog ini harus sebanding dengan tulisan dan efek yang dihasilkan. Semoga.

Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri, bersuka karena usahanya sendiri, dan maju karena pengalamannya sendiri.

Pramoedya Ananta Toer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s