Weathering with You (2019)

[NO SPOILER] Sebuah ulasan film.

Weathering with You menceritakan kisah cinta dedek-dedek gemez bernama Hina dan Hodaka. Hodaka itu anak remaja yang kabur dari rumah ke Tokyo untuk mencari ‘cahaya’ di kehidupannya. Sedangkan Hina adalah anak remaja yang bisa mengendalikan cuaca. Masalahnya adalah, apakah Hina bisa mengendalikan kisah cintanya juga?

Formula khas dari Makoto Shinkai dalam setiap ceritanya adalah memberikan kita cerita-cerita kecil antara karakter A dan B. Menumbuhkan bibit-bibit suka dulu, sambil memberikan candaan-candaan ngeres yang selalu disisipkan menjadi cerita. Lalu mulai terjadi konflik yang bikin pasangan A dan B berpisah. Memperjuangkan kisah cinta mereka. Dan akhirnya….. tergantung Makoto Shinkai maunya happy ending atau sad ending. Cerita ini pakai formula yang sama.

Nah, saya kira, kalau dibandingkan dengan Your Name, momen ngeselin yang diberikan Your Name jauh lebih menyakitkan dari Weathering with You. Mengingat mereka harus pisah dalam rentang waktu yang jauh berbeda. Kalau dalam cerita ini, film yang ngasih konflik yang menentukan hajat hidup orang banyak. Mirip dengan yang dikasih di cerita Your Name. Tapi menurut saya, akhir dari cerita ini lebih aneh daripada Your Name. Cerita Makoto Shinkai yang sebelumnya masih punya kadar toleransi yang lebih tinggi dari yang sekarang.

Karakter yang paling menarik dalam cerita ini adalah Nagi. Seorang bocah SD yang memiliki kesan jauh lebih dewasa dibandingkan dengan karakter-karakter yang lain. Mungkin bisa disebut sebagai pakar hubungan cinta untuk Hodaka. Dia selalu jadi scene stealer dalam film ini. Karakter yang lainnya biasa aja.

Radwimps masih menjadi pengisi soundtrack pada film ini. Sepertinya Makoto ingin memberikan rasa yang sama seperti film sebelumnya. Lengkap dengan lantunan piano dan lagu-lagu sedih yang bisa bikin penonton baper.

Visual? Tak usah ditanya. Animasi yang disajikan selalu berhasil memanjakan mata. SUPER DETAIL! Pemandangan kota Tokyo, hujan, dan bahkan perintilan-perintilan kecil yang ada di rumah Hina. Semuanya sempurna!

Oh iya, kalian yang pengen nonton film ini juga perlu nonton Your Name dulu. Kenapa? Nanti akan terjawab setelah nonton film ini. Akan ada hal-hal menarik yang disajikan oleh Makoto Shinkai dalam sub-plot cerita.

Overall, film ini masih menghadirkan kisah cinta remaja yang enjoyable, khususnya buat para fans Makoto Shinkai. Lagunya juga pas dan enak didengar. Ada tawa-tawa kecil. Ada nostalgia untuk fans. Dan tentu saja ada momen-momen baper yang selalu ditunggu.

Rating: 7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s