Spider-Man – Far from Home (2019)

[NO SPOILER] Sebuah ulasan film.

Sebuah upgrade version dari film besutan sebelumnya, Spider-Man: Homecoming. Menceritakan fase The Blip, dimana dunia sudah kembali ‘normal’ setelah jentikan jari tangan Iron Man yang terakhir. Dunia sedang bergembira sekaligus berduka. Gembira karena bisa bertemu kembali dengan keluarga yang sempat hilang dan berduka karena Iron Man, Captain America, Black Widow, dan Vision yang sudah gugur dalam efek CGI.

Seperti yang saya bilangnya sebelumnya, film ini merupakan upgrade version dari cerita Peter Parker versi Tom Holland yang ditayangkan di tahun 2017. Masih menggunakan formula yang sama, memasukkan unsur komedi, percintaan remaja, aksi, ketegangan, dan cerita-cerita khas film superhero biasanya. Bedanya? Bedanya Tom Holland berusaha menjadi seorang pahlawan yang lebih dewasa dari biasanya. Bisa dibilang ini film pubertas dari Spider-Man.

Dari segi akting, baik pemeran utama maupun pembantu menyajikan peranan yang ciamik. Mereka saling melempar guyonan khas Marvel yang bikin seisi studio ketawa. Terutama Ned dan Betty yang jadi salah satu best scene dalam film ini.

Setting yang berbeda-beda juga jadi poin pembantu untuk memberikan kesan-kesan unik dalam film. Ada beberapa scene yang cukup dibantu oleh setting yang dipilih. School trip yang menjadi ciri khas cinlok dan segala dramanya sangat cocok buat film ini. Berasa nonton pas jaman muda dulu hahaha.

Villain kali ini menurut saya juga lebih baik dari Spider-Man Homecoming. Villain kali ini terasa lebih jahat, walaupun dari segi motif nggak beda jauh sama film yang sebelumnya. Jack bermain sangat apik untuk menghancurkan Peter.

Ending-nya juga sebagai sebuah awal dari cerita MCU Fase 4 yang baru. Setelah kehilangan Iron Man, dunia membutuhkan sosok-sosok baru yang bisa mengisi tempatnya. Kali ini kita bakal dibikin kesel. Bukan hanya pas ending film, tapi juga 2 post credit scene yang selalu cliffhanger dan makin bikin penasaran. Kesimpulannya, MCU sepertitnya cukup sukses buat tetap menggaet penonton untuk 10 tahun berikutnya. Menciptakan masa baru ketika Avengers sudah kembali membentuk peran-peran baru, bertemu alien-alien baru, dan tentu saja dengan guyonan receh khas Marvel yang selalu bikin kangen. Iya, bikin kangen kayak kamu.

Rating: 8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s