Toy Story 4 (2019)

[NO SPOILER] Sebuah ulasan film.

Kita berkenalan dengan Woody, Buzz, dan mainan lainnya di Toy Story. Mengenang bagaimana Woody sangat cemburu dengan Buzz kala itu. Buzz juga masih keras kepala bahwa dirinya adalah polisi luar angkasa yang harus melindungi galaksi. Sampai akhirnya mereka sadar dan menjadi sahabat. Nama “ANDY” yang ada di kaki masing-masing juga akan mereka kenang untuk selamanya. Lantunan lagu “You’ve Got a Friend in Me” dari Randy Newman kembali menggema dalam ingatan.

Tak sampai di situ, Woody dan Buzz kembali menemukan masalah baru. Kali ini seorang kolektor mainan yang mencuri Woody agar bisa melengkapi koleksi Cowboy dirinya. Sekali lagi, keluarga mainan kembali menemukan petualangan seru yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Bertemu dengan ratusan mainan lain di toko mainan, melawan mainan jahat, bahkan mengejar pesawat betulan dengan seekor kuda mainan bernama Bullseye. Iya, dunia Pixar memang begitu.

Setelah berhasil kembali reuni dan membawa pulang teman-teman baru, di Toy Story 3, kita harus dihadapkan pada kenyataan hidup. Setiap pertemuan selalu ada perpisahan. Memang selalu begitu adanya. Hati kita diangkat dan akhirnya dijatuhkan, sejatuh-jatuhnya. Remuk redam, kita akan selalu meneteskan air mata ketika Andy pada akhirnya berpamitan dengan mainan-mainan lamanya. Chapter terbaik dari Toy Story Saga selama puluhan tahun. Sejauh ini.

Sekarang, kita dipertemukan dengan cerita baru. Toy Story 4. Setelah perpisahan yang menyesakkan itu, ternyata Woody dan Buzz masih menyimpan cerita. Dalam chapter kali ini, mereka bertemu dengan kawan lama. Bo Peep, sebuah mainan penggembala domba yang ada di Toy Story dan Toy Story 2, kemudian sempat menghilang di Toy Story 3.


Oke, sekarang masuk ke ulasan buat seri ke-4. Kalau dari trailer, ada dua hal yang menjadi fokus utama dalam film ini. Pertama adalah adanya beberapa karakter baru seperti Forky, Gabby Gabby, serta Bunny dan Ducky. Forky merupakan mainan baru yang dibuat sendiri oleh Bonnie. Sebuah spork (spoon and fork) yang sebenarnya adalah sampah dan akhirnya sempat membuat dirinya krisis identitas. Gabby Gabby sendiri adalah sebuah mainan yang ditemui Woody dan Forky di toko barang antik. Dan terakhir, Bunny dan Ducky adalah mainan hadiah yang digantungkan di tempat hiburan. Di samping itu, Woody yang akhirnya dipertemukan kembali dengan Bo Peep, sebuah mainan perempuan yang disukai Woody sejak jaman Andy dulu. Dua poin utama ini menjadi inti cerita dalam Toy Story 4.

Dari segi cerita, Toy Story 4 memang punya ciri khas yang berbeda dengan seri sebelumnya. Film ini menjadi penutup yang manis untuk seluruh mainan. Terutama Woody dan Buzz yang memang punya hubungan persahabatan yang kuat.

Selain itu, para pemeran pembantu juga ikut membantu segala kelucuan yang disuguhkan oleh film ini. Menurut saya, film ini memang Toy Story terlucu dari semua seri sebelumnya. It’s like we laugh all the time and we just want to enjoy the last show.

Scoring yang disajikan juga mirip dengan lagu-lagu lama yang sudah pernah dimainkan di film sebelumnya. Randy Newman memegang kendali dari segi musik. You’ve Got a Friend in Me menjadi lagi paling ikonik dari scene awal dan akhir. Membawa kita yang sudah berumur untuk mengingat kembali kisah-kisah sejak Andy memainkan Woody dan Buzz, mendapatkan beberapa mainan baru, dan akhirnya harus berpisah untuk hidup bersama anak kecil yang baru.

Sangat manis, penuh tawa, dan diakhiri dengan epilog yang memuaskan. Memang menurut saya pribadi, film ini tidak sebagus film yang ketiga, tapi untuk sebuah akhir cerita, film ini memang layak menjadi salah satu ending terbaik dari sebuah serial besar.

To Infinity and Beyond

Toy Story 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s