John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019)

[NO SPOILER] Sebuah ulasan film.

Tick tock, Mr. Wick.

John Wick sekarang sudah bisa move on dari kematian anjing kesayangannya. Anjing yang ia dapatkan sejak chapter pertama masih menemaninya hingga chapter ketiga ini. Sequel ketiga ini menceritakan John yang ditetapkan sebagai Excomunicando. Ia menjadi sasaran puluhan orang yang hidup di New York. Memburu seorang John Wick agar mendapatkan 14 juta dollar. Hmm, atau mungkin sebaliknya, justru John yang akan menjadi orang terakhir yang mereka lihat. We’ll see.

Oke, sekarang soal film ketiganya. John Wick masih melanjutkan apa yang ditinggalkannya di chapter kedua. Kenapa dia harus jadi Excomunicando? Makanan apakah Excomunicando itu? Seperti yang saya bilang sebelumnya, nonton dulu film yang pertama dan kedua. Kamu akan kenal John Wick dan jatuh cinta sama karakternya kalau sudah nonton dari yang pertama. Cerita kedua juga semakin menguatkan gimana karakter John Wick sangat ahli dalam bidangnya. And everything looks personal in the second movie. So you better watch it first.

John Wick bertemu dengan kawan-kawan lama dan orang-orang baru di dalam film ini. Adegan aksi sudah memanas sejak menit-menit pertama. John menunjukkan berbagai aksi untuk membunuh lawannya dengan cara-cara yang berbeda. Bukan hanya teknik martial arts, tapi juga kemampuannya dalam mengubah berbagai benda menjadi senjata mematikan.

Selain mas John Wick, hal yang patut kita soroti adalah dua aktor Indonesia yang akhirnya berhasil mengawali kancah mereka di industri perfilman Hollywood. Cecep dan Yayan nggak cuman sekadar numpang lewat saja di film ini. Mereka dapat porsi cukup besar dan langsung tanding lawan mas John Wick. Jadi salah satu scene paling keren di film ini juga. Menggunakan karambit sebagai salah satu senjata khas Minangkabau, dan juga penggunaan Bahasa Indonesia sebagai dialog dalam salah satu adegan klimaks. Menurut saya ini prestasi luar biasa yang seharusnya bisa diapresiasi lebih oleh bangsa Indonesia.

Apakah akan ada kelanjutan chapter ke-4? Iya. John Wick akan melanjutkan ceritanya melawan musuh yang jauh lebih besar di film berikutnya. Filmnya sudah dijadwalkan akan tayang pada tahun 2021. Jadi bagi yang sudah mengikuti hingga film ketiga, silakan ditunggu saja.

Akhir kata, film John Wick menjadi salah satu film aksi original terbaik yang pernah saya tonton selama masa hidup saya. Tidak banyak dialog, aksi yang rapi, dan mampu membawa nama Indonesia ke kancah dunia perfilman Hollywood.

Su vis pacem, para bellum.

Rating: 7.5/10

SAMPAI JUMPA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s