Pokémon Detective Pikachu (2019)

[NO SPOILER] Sebuah ulasan film.

Pokémon Detective Pikachu menceritakan seorang bocah fanatik Pokémon bernama Tim Goodman (Justice Smith) yang mendapatkan kabar bahwa ayahnya, Harry Goodman, telah meninggal karena sebuah kecelakaan yang disebabkan oleh Mewtwo. Film ini bercerita tentang misteri ayahnya dan bagaimana Tim menguak kebenaran di balik kecelakaan mobil tersebut.

Dibalut komedi khas Ryan Reynold, Pokémon Detective Pikachu membawa saya kembali ke masa kecil ketika saya diharuskan memilih salah satu pokeball yang ada di dalam tas professor. Walaupun hanya ada puluhan pokèmon yang ditampilkan dan ceritanya tidak banyak menunjukkan kekerasan antarpokèmon, cerita ‘detektif’ yang disajikan masih layak untuk dinikmati.

Seperti yang saya bilang, jangan berekspektasi untuk melihat keseruan antartrainer yang saling melontarkan serangan untuk Pokémon mereka yang sedang bertarung. Film ini tidak menghadirkan hal itu sama sekali. Sekali lagi, tidak ada sama sekali. Disini, Pokémon hanya menjadi alat untuk menarik perhatian para penggemarnya.

Namun, world-building tetap menjadi poin utama dalam film ini. Selain suara ikonik dari Ryan yang menyebalkan tapi ngangenin kayak kamu, penggambaran karakter Pokémon menjadi makhluk-makhluk berbulu yang menggemaskan menjadi daya tarik tersendiri. Seperti yang saya bilang di awal, tiap Pokémon menghadirkan manisnya masa lalu.

Bahkan, bagi yang bukan penggemar Pokémon atau sebenarnya tidak tahu Pokémon sama sekali juga masih bisa menikmati kelucuan dan kesegaran film ini. Bumbu dramanya juga tidak berlebihan. Cerita yang memikat dan akhir yang menyenangkan juga layak untuk dilanjutkan. Iya, Legendaray, sebagai produser film ini sudah berencana untuk membuat lanjutan ceritanya. Entah tetap dengan karakter utama yang sama atau justru menambah karakter baru. Tapi yang pasti, sebagai penggemar berat Pokémon, saya tetap menunggu battle khas Pokémon yang sudah pasti akan lebih memikat para pemain gimnya.

Walaupun ceritanya tidak terlalu menyajikan misteri yang bisa kita terka bersama, tapi film ini masih membawa kita ke petualangan Tim dan Pikachu yang begitu hangat. Pengembangan karakter Tim, Pikachu yang sebagai katalis, dan hubungan romansa Tim dengan Lucy Stevens (Kathryn Newton). Semua menjadi plot-plot kecil yang mudah diterima dan menyenangkan.

Sebagai penutup, film ini masih bisa dinikmati, sangat bisa bahkan, terutama untuk adik-adik atau mas-mas dan mbak-mbak yang meninginkan humor segar dari Ryan dan cerita yang mudah dicerna dari penulisnya.

Rating: 7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s