Avengers: Endgame (2019)

[SPOILER ALERT!!!] Sebuah ulasan film.

Setelah perjalanan 10 tahun Marvel Cinematic Universe, akhirnya kita semua sampai pada ibadah terakhir. Ibadah yang akan menguras seluruh emosi dan air mata. Melihat trailer Avengers: Endgame yang menunjukkan bagaimana awal kali Tony Stark membuat Mark I dan berhasil keluar dari gua, melihat Steve Rogers yang didapuk sebagai prajurit uji coba serum penguat tubuh, dan melihat Thor yang akhirnya mendapatkan Mjolnir setelah diuji oleh Odin. Semua merangkum bagaimana awal petualangan ini berlangsung.

Pembelian tiket presale sudah berlangsung sejak tanggal 16 April 2019. Saya yang sempat terbangun sekira jam 2 pagi, teringat untuk segera memesan tiket. Ternyata tiket untuk tanggal 24 April sudah hampir penuh dan tersisa kursi di bagian bawah. Akhirnya saya memutuskan untuk nonton film ini di tanggal 25 April.

Drama di tengah film yang bagi saya sedikit membosankan. Untungnya humor khas Marvel masih membuat saya bertahan untuk menonton. Seperti teman saya bilang, film ini memang dikhususkan untuk menikmati seluk-beluk MCU selama kurun waktu 10 tahun. Khususnya pada fase-fase penting ketika Infinity Stones muncul di beberapa film terdahulu.

Lelucon khas Marvel yang selalu membuat ketawa di setiap momennya. Tepat sasaran dan sesuai karakter dari setiap superhero yang hadir dalam film penutup phase ketiga Marvel Cinematic Universe.

Contohnya seperti Thor yang ternyata menjadi pria tambun. Seperti orang stres yang sehari-harinya hanya bermain game di rumah sambil meminum minuman keras. Bahkan Stormbreaker yang harusnya jadi senjata terkuat Thor, justru malah menjadi pembuka botol beer.

Momen terkeren dari film ini menurut saya ada enam. Pertama, ketika Hulk
bisa menjentikkan jari dan bertahan dari radiasi gamma yang diberikan oleh
Infinity Gloves buatan Tony. Dia harusnya jadi pahlawan pertama yang perlu kita
berikan ucapan terima kasih karena jasanya yang akhirnya bisa menghidupkan
kembali orang-orang yang telah hilang.

Kedua, tentu saja Dr. Strange. Mungkin Dr. Strange tidak terlalu berperan
besar dalam pertarungan, tapi ia satu-satunya yang telah mencari satu peluang
kemenangan dari 14 juta peluang kekalahan yang lain. He deserves more.

Ketiga, momen kematian Natasha Romanoff alias Black Widow. Momen ini cukup menarik mengingat Clint dan Natasha merupakan sahabat, bahkan mereka sama-sama saling menyimpan rasa. Walaupun tidak bisa bersatu, seperti cerita kita.

Keempat, momen ketika Captain America akhirnya mengangkat Mjolnir. Ini
pertarungan terkeren dalam film. Dengan karakter ‘I can do this all day’-nya,
ia sempat memojokkan Thanos, walaupun akhirnya kalah juga.

Kelima, momen ketika Captain America akhirnya mendapatkan balasan ‘on your
left’ dari Falcon. Satu per satu superhero muncul dari portal yang dibuatkan
oleh para Sorcerer. Dan akhirnya, iconic movie line muncul: “Avengers
Assemble!

Walaupun memang pertarungannya hanya berlangsung sekira 30 menit, tidak seperti Infinity War yang kebanyakan adalah adegan pertarungan, setidaknya kita bisa menikmati seluruh superhero ada dalam satu pertarungan yang sama. Endgame. Judul yang cukup tepat untuk mengakhiri pertarungan mereka dengan Thanos.

Terakhir, tentu saja snap terakhir yang dilakukan oleh Tony. Iron Man akhirnya tau bahwa satu-satunya cara untuk memenangkan peperangan adalah dengan mengorbankan hidupnya sendiri.

Di samping momen-momen keren itu, epilog dari Endgame merupakan penutup sekaligus pembuka untuk cerita-cerita baru yang bisa kita nikmati di tahun-tahun mendatang. Tentu saja ketika kita masih diberikan umur panjang dan pemasukan yang cukup untuk bisa mendapatkan kertas berharga 30k-50k.

Akhir kata, Avengers: Endgame hanya akan bisa dinikmati ketika kita sudah melakukan marathon seluruh film Marvel sebelum Endgame ini. Dengan begitu, setiap drama yang dihadirkan pasti akan menghadirkan rasa haru, tawa, bahagia, dan kelegaan. Sebuah pertarungan penutup yang apik untuk membuka pertarungan-pertarungan yang baru.

Rating: 8.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s