Friend Zone (2019)

[NO SPOILER] Sebuah ulasan film.

Sesuai dengan judulnya, cerita yang diberikan ke penonton sebenarnya tidak terlalu baru. Khususnya bagi yang pernah atau sering merasakan. Menceritakan dua pasang muda-mudi yang ‘sahabatan’ sejak sekolah. Menjalin hubungan selama 10 tahun dan diceritakan dengan alur maju mundur.

Perbedaannya ada pada teknik bercerita. GDH alias Gross Domestic Happiness punya cara unik untuk membuat alurnya yang meskipun diceritakan dari tahun 2009 sampai 2019, lalu kembali lagi ke tahun 2010, kembali lagi ke 2019, dan seterusnya, tetap bisa nyambung dan dinikmati. Humor yang relatable juga bikin ngakak sambil nangis.

Palm (Naphat) dan Gink (Baifern) yang jadi karakter utama di sini juga diceritakan dekat sekali. Cukup mudah buat suka sama dua karakter ini. Aktingnya udah pasti nggak kayak artis FTV. Mbak Baifern tetap seperti biasanya: mempesona.

Soal lagu, film ini punya lagu yang easy listening dan juga dinyanyiin ke beberapa bahasa. Salah satunya Indonesia. Audrey Tapiheru dan Cantika Abigail didaulat menjadi salah satu pengisi OST dari film ini. Memang sengaja dibuat satu lagu dalam berbagai bahasa karena Palm dan Ging sering mondar-mandir naik pesawat ke daerah Asia. Terutama Asia Tenggara. Makanya perlu banyak penyanyi dalam satu lagu.

Secara keseluruhan, film ‘horror’ ini mengemban misi untuk menyelamatkan hamba-hamba yang mendapat cobaan. Walaupun banyak promo produknya, tapi nggak mengganggu proses cerita dan pembelajaran untuk kalangan zona teman. Mau tau akhir dari penderitaan ini? Silakan nonton. Sepertinya masih ada di bioskop tertentu.
Rating: 7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s