Aquaman (2018)

[SPOILER ALERT!!!] Cuma ulasan sederhana.

WB punya kepercayaan diri yang tinggi untuk memajukan tanggal tayang dari 21 Desember menjadi 13 Desember. Bulan Desember 2018 ini memang penuh dengan gempuran film-film khusus untuk liburan musim dingin dari Amerika. Kesempatan momen natal dan gaji akhir tahun yang biasanya banyak bonusnya dimanfaatkan buat menggenjot pemasukan industri perfilman untuk menghindari ‘tinta merah’ di akhir tahun.

Ada tiga poin utama yang pengen saya bahas pada ulasan kali ini.

Pertama, efek visual. Efek paling kentara ada ketika mas Arthur dan mbak Mera masuk ke negeri di bawah laut. Terutama pas belio-belio ini lagi pake mata batin khusus orang-orang Atlantis. Selain itu, ada juga pas scene Arthur dan mbak Mera masuk Trench. Best shot ever. Thrilling-nya beneran kerasa!

Kedua, teknik kamera. Camera movement yang oke, satu kali take dan nggak goyang-goyang mirip sama film mbak Gal Gadot ketika jadi Wonder Woman jadi salah satu andalan di film ini. Sayangnya di Malang belum ada 3D atau bahkan 4D. Kalau ada mungkin rasanya bakal lebih keren lagi.

Ketiga, isu lingkungan tentang sampah laut, pembuangan limbah beracun yang nggak disaring terlebih dahulu, dan juga percobaan senjata baru dari pihak militer. Walaupun hanya samar diperlihatkan ketika di awal, isu ini menjadi salah satu motor penggerak film. Sayangnya isu ini cuma sampai di sampahnya saja. Fokus konflik utama tetap pada orientasi politis Orm yang pengen jadi Ocean Master.

Selebihnya dari film ini adalah cerita superhero standard yang bisa kita temui di film-film terdahulu, baik DC maupun Marvel. Akting dan humor yang nggak buruk, tapi mau dibilang bagus juga masih butuh usaha lebih. Walaupun gitu, untuk sebuah film bawah air, ini salah satu yang terbaik.

Good visual effect and camera movement. Still need more improvement for DC movies to have its characteristic, but this movie still worth watching. Rating: 8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s