One Cut of the Dead (2018)

Sebelum masuk bahasan film, saya mau masuk soal fasilitas bioskop di Malang. Saya nonton ini tepat di hari terakhir penayangan di Malang. Lantaran di Malang masih belum ada CGV, saya cuma punya pilihan ke Cinemaxx Matos. Saya jadi nggak bisa milih Pekan Sinema Jepang yang lagi berlangsung. Harga yang lebih mahal nggak menjadi jaminan bioskopnya lebih bagus. Untuk yang satu ini, Cinema XXI sama CGV masih punya kualitas layar dan suara yang lebih sip dibanding Cinemaxx. Tapi ya, sekali lagi, nggak ada pilihan lain.


[NO SPOILER] Cuma ulasan sederhana.

sumber: tirto.id

Satu hal yang pasti, ini film zombi. Penuh dengan darah dan makan memakan seperti film zombi kebanyakan.

Hanya saja, ada satu hal yang unik. Film ini juga punya caranya sendiri untuk untuk memberikan sesuatu yang jauh berbeda dari film zombi mainstream. Kenapa? Anda akan tahu kalau Anda menontonnya. Tonton sampai habis. Bahkan sampai credit title sekalian.

Satu hal lagi, kalau memang ingin lebih berasa, jangan nonton trailer atau semacamnya. Nonton film ini tanpa asumsi apapun adalah kenikmatan yang nggak mungkin kamu dustakan. Khususnya buat orang-orang yang doyan film. Sekali lagi, tonton sampai habis. Tanpa potongan atau seek forward sedikitpun. Kalau kebelet pipis, ditahan sebentar. Eman kalau sampai kepotong.

Mengingat saya juga nggak pengen nambahin asumsi kepada yang mau nonton, mending saya kasih data kenapa film ini punya respon yang luar biasa.

Film ini cuma punya budget awal 3 juta yen untuk produksinya (sekitar $27.000). Dari segi film berdurasi 1 jam 37 menit, budget itu terbilang lumayan kecil. Para pemainnya juga nggak terlalu terkenal dan hanya dibikin dalam waktu 8 hari. Mengutip dari syfy.com, film ini berhasil meraih pendapatan sebesar hampir $10 juta di seluruh dunia. Salah satu prestasi sendiri buat sutradara Shinichiro Ueda.

One of the best movies this year. Rating: 9.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s